Kartul Zidan 9A



BAB 1

PENDAHULUAN


1.1 Latar Belakang
Manusia sudah berada di bumi sejak zaman purbakala yaitu lebih sekitar 100,000 sampai 70,000 tahun yang lalu . Tetapi bagaimanapun manusia tidak bisa tetap di bumi karena kecepatan naiknya populasi manusia di bumi yang semakin cepat, planet kita sudah tercemar oleh sampah. Bahkan ada kemungkinan bahwa suatu hari bumi akan di hantam oleh meteor, meteor inilah penyebab musnahnya dinosaurus.  Suatu hari bumi  tidak akan bisa kita tempati lagi.
 Fisikawan teoritis dan kosmologis Stephen Hawking berpendapat kolonisasi luar angkasa sebagai cara menyelamatkan umat manusia. Pada tahun 2001, Hawking meramalkan bahwa ras manusia akan punah dalam seribu tahun ke depan, kecuali koloni dapat dibangun di luar angkasa.  Pada tahun 2006, ia menyatakan bahwa umat manusia menghadapi dua opsi: apakah kita menjajah luar angkasa dalam dua ratus tahun ke depan dan membangun unit perumahan di planet lain, atau kita akan menghadapi kemungkinan kepunahan jangka panjang.
         Manusia sudah memulai meneliti dan menjelajahi luar angkasa sejak peradaban awal (Mayan dan Cina kuno). Karya pertama yang diketahui tentang kolonisasi luar angkasa adalah The Brick Moon, sebuah karya fiksi yang diterbitkan pada tahun 1869 oleh Edward Everett Hale, tentang satelit buatan yang dihuni.        Fisikawan Rusia, Konstantin Tsiolkovsky, meramalkan unsur-unsur komunitas antariksa dalam bukunya Beyond Planet Earth yang ditulis sekitar tahun 1900.  Tsiolkovsky meminta manusia  membangun rumah kaca dan menanam tanaman di luar angkasa. Tsiolkovsky percaya bahwa pergi ke luar angkasa akan membantu manusia yang sempurna, yang mengarah ke kedamaian.
          Pada 20 juli tahun 1969 ” NASA” berhasil mendaratkan 2 astronot di permukaan bulan. Misi ini dinamakan misi APOLLO 11. Peristiwa ini adalah langkah-langkah pertama manusia dalam menjelajahi luar angkasa
Tetapi  peristiwa APOLLO 11 bukanlah peristiwa pertama yang mencapai luar angkasa. Sputnik 1 adalah probe pertama yang pergi ke luar angkasa. Diluncurkan pada 4 Oktober 1957, oleh Uni Soviet. Pada 31 Januari 1958, Amerika Serikat baru mengirim penyelidikan yang disebut Explorer 1 ke luar angkasa.
Manusia pertama yang mencapai luar angkasa adalah Yuri Alekseyevich Gagarin. Pada 12 April 1961, di pesawat ruang angkasa Vostok 1, kosmonot Soviet Yuri Alekseyevich Gagarin menjadi manusia pertama yang melakukan perjalanan ke luar angkasa. Selama penerbangan, pilot uji berusia 27 tahun dan teknisi industri juga menjadi orang pertama yang mengorbit planet ini, suatu prestasi yang dicapai oleh kapsul ruang angkasanya dalam 89 menit.
         Satelit  antariksa terluar tercepat yang dikirim manusia, Voyager 1, telah mencakup 1/600 tahun cahaya dalam 30 tahun dan saat ini bergerak dengan kecepatan 1/18.000 cahaya atau sekitar 17Km per detik. Pada tingkat ini, perjalanan ke Proxima Centauri (bintang terdekat dengan tata surya kita) akan memakan waktu 80.000 tahun. Jadi benar untuk kita katakan bahwa manusia  masih butuh waktu yang sangat lama untuk mencapai bintang terdekat.
       Manusia tidak bisa hanya menempati planet sembarang. manusia membutuhkan planet yang mengitari  “Habitable zone” (Zona aman). Habitable zone adalah kisaran orbit di sekitar bintang di mana permukaan planet dapat mendukung air cair yang diberikan tekanan atmosfer yang cukup.
          Tentu kita tidak hanya butuh planet yang berada di zona aman, kita juga butuh planet yang mempunyai level oksigen yang tinggi, planet ini juga harus memiliki medan magnet yang sama seperti bumi. Dan masih banyak lagi.
 Untungnya di tata surya kita ada satu planet yang sangat memungkinkan untuk di kolonisasi yaitu mars. Mars atau disebut juga planet merah adalah planet yang mengitari matahari di dekat zona aman. Meskipun suhu di permukaan planet ini  dingin. Planet ini diduga dulunya mempunyai air. sesuai dengan pemahaman manusia dimana ada air pasti ada kehidupan







1.2 Perumusan masalah
Dalam karya tulis ini penulis akan menjawab dan menjelaskan berbagai pernyataan yaitu:
1.      Apa itu Kolonisasi Mars dan Bulan ?
2.       Apa Manfaat Kolonisasi Mars dan Bulan ?
3.      Apakah masalah-masalah yang manusia hadapi ketika mengkolonisasi suatu objek luar angkasa ?
4.      Metode metode apa sajakah yang dapat manusia gunakan untuk memudahkan  mengkolonisasi planet Mars dan Bulan?
5.      Rencana apa yang Manusia sudah  persiapkan untuk mengkolonisasi bulan dan Mars.
1.3 Batasan Masalah
       Dalam karya tulis ini penulis akan membatasi masalah yang akan di bahas, yaitu tentang kolonisasi Mars dan Bulan hanya terbatas sampai masalah yang akan kita hadapi ketika kita mengkolonisasi mars dan bulan, metode dan rencana rencana yang sudah di persiapkan manusia untuk mengkolonisasi Mars dan Bulan.
1.4 Tujuan Pembuatan Karya Tulis
     Tujuan pembuatan karya tulis yang berjudul “Kolonisasi planet di luar bumi” adalah untuk mengetahui apakah Kolonisasi planet itu hal yang harus manusia lakukan untuk kelangsungan hidup spesies dan masalah-masalah yang akan kita hadapi ketika kita mengkolonisasi sebuah badan luar angkasa.
1.5 Pengumpulan Data
     Penulis melakukan teknik pengumpulan data berupa studi pustaka (Buku pintar bumi dan antariska),( Buku ensiklopedia antariska), dan mengambil data dari internet.

















BAB II

Pembahasan


2.1  Pengertian Kolonisasi Objek Luar Angkasa
Kolonisasi Objek luar angkasa (menurut Wikipedia) adalah tempat tinggal manusia permanen di luar planet Bumi. Sejauh ini tidak ada koloni luar angkasa yang dibangun. Saat ini, pembangunan koloni luar angkasa akan menghadirkan serangkaian tantangan teknologi dan ekonomi yang sangat besar. Permukiman ruang harus menyediakan untuk hampir semua (atau semua) kebutuhan material dari ratusan atau ribuan manusia, dalam lingkungan di luar angkasa yang sangat memusuhi kehidupan manusia.
Banyak argumen telah dibuat untuk dan menentang penjajahan luar angkasa. Dua yang paling umum dalam mendukung penjajahan adalah kelangsungan hidup peradaban manusia dan Sumber daya Luar angkasa jika terjadi bencana skala planet (alami atau buatan manusia), dan ketersediaan sumber daya tambahan di luar angkasa yang memungkinkan ekspansi masyarakat manusia. Keberatan yang paling umum untuk kolonisasi termasuk kekhawatiran bahwa kolonisasi  kosmos mungkin akan meningkatkan kepentingan yang sudah kuat, Seperti : Mengurangi Kelaparan dunia,  Mengurangi Penyakit Penyakit mematikan dan Memelihara Bumi

Pada 2005, Administrator NASA Michael Griffin mengidentifikasi kolonisasi ruang sebagai tujuan akhir dari program luar angkasa saat ini, dengan mengatakan:
Tujuannya bukan hanya eksplorasi ilmiah, ini juga tentang memperluas rentang habitat manusia dari Bumi ke tata surya saat kita maju dalam waktu, dalam jangka panjang spesies planet tunggal tidak akan bertahan hidup,  Jika kita manusia ingin bertahan hidup selama ratusan ribu juta tahun, kita akhirnya harus mengisi planet lain. Sekarang, hari ini teknologinya sedemikian rupa sehingga hampir tidak mungkin. Kita dalam masa pertumbuhan,. Saya berbicara tentang itu suatu hari, saya tidak tahu kapan hari itu, tetapi akan ada lebih banyak manusia yang hidup di Bumi daripada di atasnya. Kita mungkin memiliki orang yang hidup di Bulan. Kita mungkin memiliki orang-orang yang hidup di bulan-bulan Jupiter dan planet-planet lain. Kita mungkin memiliki orang yang membuat habitat di asteroid, Saya tahu bahwa manusia akan menjajah tata surya dan suatu hari akan terlampaui.
Sejauh ini tidak ada koloni luar angkasa yang dibangun. Saat ini, pembangunan koloni luar angkasa akan menghadirkan serangkaian tantangan teknologi dan ekonomi yang sangat besar. Permukiman luar angkasa harus menyediakan untuk hampir semua (atau semua) kebutuhan material dari ratusan atau ribuan manusia, dalam lingkungan di luar angkasa yang sangat memusuhi kehidupan manusia. Mereka akan melibatkan teknologi, seperti sistem pendukung kehidupan ekologis yang terkendali.

 Mereka juga harus berurusan dengan masalah yang belum diketahui tentang bagaimana manusia akan berperilaku dan berkembang di tempat-tempat seperti itu dalam jangka panjang. Karena biaya pengiriman saat ini dari permukaan bumi ke orbit (sekitar $ 2.500 per Pound ke orbit, diperkirakan akan semakin menurun). koloni luar angkasa saat ini akan menjadi proyek besar-besaran mahal. Di sisi teknologi, ada kemajuan yang berkelanjutan dalam membuat akses ke ruang angkasa lebih murah (sistem peluncuran yang dapat digunakan kembali bisa mencapai $ 10 per-pound untuk mengorbit)
 2.2 Manfaat Kolonisasi Mars dan Bulan
    1. Kelangsungan Hidup Peradaban Manusia
Ide luar angkasa untuk  kelangsungan hidup peradaban manusia mengacu pada gagasan bahwa kelangsungan hidup jangka panjang spesies manusia dan peradaban teknologi membutuhkan pembangunan peradaban antariksa yang memanfaatkan sumber daya luar angkasa , dan bahwa tidak melakukan ini dapat menyebabkan kepunahan manusia. Pengamatan terkait adalah bahwa jendela peluang untuk melakukan ini mungkin terbatas karena berkurangnya jumlah sumber daya surplus yang akan tersedia dari waktu ke waktu sebagai akibat dari populasi yang terus tumbuh.
Selain populasi yang terus bertumbuh, kolonisasi objek luar angkasa akan menyelamatkan manusia jika bencana datang. Bencana yang berpotensi memusnahkan manusia adalah:

1.      Gunung berapi
Gunung berapi berpotensi memusnahkan manusia yang tinggal di bumi karena debu yang dikeluarkan bisa membuat udara di bumi menjadi beracun. Yellowstone adalah gunung berapi yang berpotensi memusnahkan manusia. Jika gunung berapi ini meletus, manusia mungkin akan menjadi spesies kritis/ hamper punah
2.      Perang nuklir
Perang dunia ketiga berpotensi memusnahkan umat manusia. Para ahli mengestimasikan hanya 100 nuklir akan berpotensi merusak bumi dan mengubah planet ini menjadi planet tak layak huni
3.      Meteor Pembunuh
Disebut meteor pembunuh karena meteor ini berpotensi memusnahkan hampir semua spesies jika bertabrakan dengan bumi. Meteor yang berpotensi memusnahkan umat manusia tergantung pada besar dan kecepatanya saat memasuki atmosfer bumi. Yang menakutkan adalah kita tidak bisa tau secara pasti kapan satu meteor pembunuh ini bisa memasuki atmosfer bumi dan memusnahkan umat manusia.
Ide ini sudah lama dikembangkan oleh manusia. Artikel pertama yang mempunyai koneksi dengan luar angkasa untuk kelangsungan hidup. Adalah sebuah artikel yang berjudul “FOREIGN AFFAIRS” karya Louis.J.Halle.



2. Sumber Daya Luar Angkasa yang tidak Terbatas
Sumber daya di luar angkasa, baik dalam material dan energi, sangat besar. Tata Surya sendiri, menurut perkiraan yang berbeda, cukup material dan energi untuk mendukung di mana saja dari beberapa ribu hingga lebih dari satu miliar kali populasi manusia berbasis Bumi saat ini. Di luar Tata Surya, beberapa ratus miliar planet lain di Bima Sakti saja memberikan peluang untuk penjajahan dan pengumpulan sumber daya, meskipun perjalanan ke salah satu dari mereka tidak mungkin dilakukan pada skala waktu praktis tanpa perjalanan antarbintang dengan menggunakan Pesawat generasi.
Penambangan asteroid juga akan menjadi hal yang penting dalam kolonisasi luar angkasa. Air dan bahan untuk membuat struktur dan perisai dapat dengan mudah ditemukan di asteroid. Alih-alih memasok ulang di Bumi, penambangan dan stasiun bahan bakar perlu dibangun di asteroid untuk memfasilitasi perjalanan ruang angkasa yang lebih baik. Penambangan optik adalah istilah yang digunakan NASA untuk menggambarkan bahan penggalian dari asteroid. NASA percaya dengan menggunakan propelan yang berasal dari asteroid untuk penjelajahan ke bulan, Mars, dan seterusnya akan menghemat 100 miliar USD. Jika pendanaan dan teknologi datang lebih cepat dari perkiraan, penambangan asteroid mungkin dilakukan dalam satu dekade.


Semua planet dan Benda luar angkasa lain ini menawarkan pasokan sumber daya yang tiada habisnya yang menyediakan potensi pertumbuhan tanpa batas. Memanfaatkan sumber daya ini dapat menyebabkan banyak pembangunan ekonomi.
3. Ekspansi dengan konsekuensi negatif yang lebih sedikit
Perluasan peradaban manusia dan kemajuan teknologi biasanya menghasilkan beberapa bentuk kerusakan lingkungan, dan perusakan ekosistem dan satwa liar yang menyertainya. Di masa lalu, ekspansi sering kali dilakukan dengan mengorbankan banyak masyarakat adat, akibatnya perlakuan terhadap masyarakat ini berkisar dari perambahan hingga genosida. Karena luar angkasa tidak memiliki kehidupan yang diketahui, ini tidak perlu menjadi konsekuensi.
4. Mengatasi Masalah Populasi  Berlebihan, Kekhawatiran bencana yang bisa memusnahkan manusia dan Kebutuhan Sumber Daya Alam
Argumen lain untuk kolonisasi Mars dan Bulan adalah untuk mengurangi dampak negatif dari kelebihan populasi.  Jika sumber daya Bulan dan Mars dibuka untuk digunakan dan habitat pendukung kehidupan yang layak dibangun, Bumi tidak akan lagi menentukan batasan pertumbuhan. Meskipun banyak sumber daya bumi tidak dapat diperbarui, koloni di luar bumi dapat memenuhi sebagian besar kebutuhan sumber daya planet ini. Dengan ketersediaan sumber daya luar angkasa, permintaan terhadap sumber daya terestrial akan menurun.
Jika manusia sudah berhasil dengan sempurna mengkolonisasi Mars/ bulan. Jika bencana datang, peradaban umat manusia akan berlanjut dan dengan sumberdaya yang terdapat di bulan dan mars, manusia mungkin bisa membuat sistem pencegah bencana yang sangat maju.

Mars adalah kandidat yang sangat menjanjikan untuk dikolonisasi, karena jaraknya yang dekat dibandingkan dengan jarak bumi ke planet yang lain. Mars sangat berpotensi untuk dikolonisasi dengan mudah.
Bulan juga menjadi kandidat untuk dikolonisai karena jaraknya yang sangat dekat dengan bumi.
2.3 Masalah Mengenai kolonisasi Sebuah Objek Luar Angkasa
1.  Tidak Adanya Udara yang bisa Manusia Hirup
 Udara adalah hal pertama yang manusia perlukan. Sayangnya sejauh ini belum ada planet yang ditemukan yang mempunyai udara yang bisa dihirup oleh manusia.
2.  Radiasi Planet yang sangat memusuhi Kehidupan.
Bahkan setelah kita memecahkan masalah menciptakan udara yang cukup untuk bertahan hidup, kita masih memiliki banyak tantangan untuk diatasi. Planet-planet seperti Mars tidak diberkati dengan atmosfer pelindung yang melindungi bumi dari sebagian besar bahaya yang terkait dengan radiasi matahari. Paparan radiasi ini secara terus-menerus dalam waktu yang lama akan berakibat fatal bagi penjajah di masa depan. Setiap koloni yang kita bangun harus terlindungi dengan baik dari efek terburuk radiasi matahari. Ini bukan tugas yang tidak dapat diatasi, tetapi ini adalah tugas yang sulit untuk diselesaikan.



3.  Sumber Daya listrik
 Jika manusia akan hidup di planet lain tanpa batas waktu, kita harus mampu menciptakan daya yang tahan lama. Kita mungkin dapat memanfaatkan mineral asli untuk beberapa persediaan yang kita butuhkan, tetapi yang lain harus kita bawa. Namun, ini adalah satu bidang di mana kami membuat kemajuan nyata. NASA baru-baru ini mengumumkan pengujian reaktor nuklir mini yang dapat digunakan pada pendaratan Mars di masa depan dan seterusnya.

4. Kenyamanan Manusia
Koloni permanen akan membutuhkan kenyamanan  seperti yang biasa kita miliki, jika tidak, para koloni itu akan menderita tekanan mental yang ekstrem. Kita pasti membutuhkan beberapa jenis air mengalir. Manusia  juga akan membutuhkasn pusat olahraga, taman dalam ruangan bagi penjajah untuk merasakan suasana rumah, dan mungkin, pada akhirnya, semacam kolam renang indoor yang besar. Jenis-jenis hal yang mungkin kita inginkan dan butuhkan untuk hidup di koloni di luar bumi.
5.      Mencapai suatu Planet untuk di Kolonisasi
Tantangan terakhir untuk mengkolonisasi suatu planet adalah mencapainya. Bahkan untuk pergi menuju mars dengan pesawat luar angkasa berawak butuh kurang lebih  300 hari hingga 2 tahun tergantung jarak bumi ke mars yang selalu berubah ubah. Belum juga masalah bahan bakar. Untuk mencapai mars manusia butuh sumber energi yang sangat efesien. Namun untuk menuju bulan, manusia tidak perlu repot repot. Meskipun perjalanan ke bulan itu sangat mahal tetapi dengan system peluncuran yang dapat digunakan kembali, perjalanan ke bulan akan menjadi seperti menaiki helicopter dan lama kelamaan



2.4 Metode metode yang dapat Manusia Gunakan untuk Membantu Mengkolonisasi Mars dan Bulan
1. Terraforming Planet Mars
Terraforming adalah proses yang  mengubah sebuah objek luar angkasa menjadi seperti bumi, yaitu dengan mengubah; Tekanan, suhu, Kehadiranya oksigen dan medan magnet seperti mirip bumi.
Suhu di planet Mars adalah sekitar -55 derajat celcius. Cara menaikan suhu di planet mars ada 3 yaitu:
A.    Manusia bisa membuat proses global warming di mars dengan cara menambahkan CO2 di atmosfer Mars.
B.     (menurut para ilmuwan NASA) Manusia bisa meledakan beberapa nuklir di planet mars untuk menaikan suhu. Diperkirakan hanya 100 nuklir dapat menaikan suhu di mars untuk manusia kolonisasikan, tetapi metode ini sangat berbahaya karena nuklir mengeluarkan zat zat radioaktif yang sangat berbahaya bagi tubuh manusia
C.     Manusia juga bisa menempatkan cermin cermin raksasa di orbit mars untuk menaikan suhu. Cermin cermin ini adalah metode yang membutuhkan waktu paling lama.
Tekanan di planet mars sudah hampir sama dengan bumi, jadi tidak ada gunanya untuk mengubahnya.
Oksigen di atmosfer mars hanya 2%. Cara membuat manusia agar bisa menghirup udara di mars ada 2 yaitu:
A.    Manusia bisa saja mengirimkan tanki  oksigen ke mars, tetapi metode ini sering kali ditolak karena sangat mahal.
B.      Manusia bisa mengirmkan bakteria, Algae, tanaman spesial yang bisa tumbuh di mars dan memproduksi oksigen.
Dan masalah yang terakhir adalah medan magnet untuk melindungi atmosfer mars dari serangan angin matahari yang bisa menghancurkan atmosfer mars dan membuat mars tidak bisa dihuni. Ada 1 cara yang di ajukan oleh ilmuwan NASA, Jim green. Ia mengajukan untuk membuat mars mempunyai medan magnet yaitu dengan menempatkan medan dipol magnetik di orbit mars. Medan magnet buatan ini harus sangat kuat. Tenaga dari medan magnet ini harus 1-2 Tesla untuk menahan mars dari angin dan radiasi matahari selama beberapa tahun.
2. Terraforming Bulan
Terraforming Bulan juga penuh dengan tantangan. Untuk satu, panen komet dan / atau es dari Tata Surya luar akan membutuhkan infrastruktur yang belum ada, dan akan sangat mahal untuk dibuat. Pada dasarnya, ratusan pesawat ruang angkasa akan diperlukan untuk mengangkut semua sumber daya, dan mereka harus dilengkapi dengan sistem penggerak yang dapat melakukan perjalanan dalam waktu singkat (yang juga belum diciptakan).


Sementara periode waktu yang lama dihabiskan di lingkungan yang memiliki 1/6 gravitasi bumi diketahui menyebabkan degenerasi otot dan kehilangan kepadatan tulang, tidak jelas apa efek gravitasi rendah bagi penghuni permanen dan anak-anak yang lahir di lingkungan seperti itu. Telah disarankan bahwa tanaman dan hewan darat dapat direkayasa secara genetis untuk hidup di lingkungan bulan, tetapi tidak jelas apakah ini akan berhasil atau tidak.
3. Sistem peluncuran yang dapat digunakan kembali
Manusia juga butuh alat transportasi ke mars dan bulan
 yang efektif yaitu dengan menggunakan sebuah roket yang bisa digunakan kembali.
Alasan mengapa misi APOLLO 11 mencapai 150 milliar USD salah satunya adalah rocket yang digunakan untuk misi itu adalah roket sekali pakai yang berarti pendorong pesawat setelah memasuki luar angkasa akan di lepas dan tidak bisa digunakan kembali
Selama abad ke-21, minat komersial dalam sistem peluncuran yang dapat digunakan kembali telah tumbuh. Roket SpaceX Falcon 9 memiliki tahap pertama yang dapat digunakan kembali dan tahap kedua yang dapat digunakan, dan saat ini digunakan untuk program Layanan Transportasi Orbital Komersial NASA dan peluncuran satelit komersial. Selain itu, SpaceX sedang mengembangkan roket yang  dapat digunakan kembali untuk misi antarplanet berawak.


2.5 Rencana Rencana yang Manusia persiapkan untuk Kolonisasi Mars dan Bulan
1.Rencana Kolonisasi Mars
Pada 2018, SpaceX mendanai dan mengembangkan serangkaian penerbangan kargo terikat Mars dengan Starship dan Super Heavy pada awal 2022, diikuti oleh penerbangan kru pertama ke Mars pada jendela peluncuran berikutnya pada 2024. Selama fase pertama, tujuannya adalah untuk meluncurkan beberapa BFR untuk mengangkut dan merakit pabrik propana metana / oksigen dan membangun basis dalam persiapan untuk kehadiran permukaan yang diperluas. Penjajahan yang berhasil pada akhirnya akan melibatkan lebih banyak faktor ekonomi apakah individu, perusahaan, atau pemerintah untuk memfasilitasi pertumbuhan kehadiran manusia di Mars selama beberapa dekade.



 




  BAB III

Penutup


3.1 Kesimpulan
Kolonisasi luar angkasa dari penelitian yang sudah tertera yaitu tempat tinggal manusia permanen di luar bumi. Kolonisasi luar angkasa adalah hal yang tidak bisa manusia hindari jika manusia tidak ingin menjadi spesies yang punah.
Kolonisasi luar angkasa akan mendorong peradaban manusia dan kemajuan teknologi. Manusia akan melihat langkah langkah pertama dalam mengkolonisasi luar angkasa dalam beberapa tahun kedepan.
3.2 Saran
Saran saya untuk pembaca dan untuk umat manusia adalah untuk belajar dan mempersiapkan proses kolonisasi luar angkasa mulai dari sekarang, Karena kita tidak akan tahu kapan bencana akan datang yang bisa memusnahkan umat manusia.
Saran saya untuk pemerintah adalah mendukung danmelanjutkan program luar angkasa lagi untuk generasi masa depan.



Daftar Pustaka

BAB 2.1
Apa itu Kolonisasi  Luar Angkasa ?
https://en.wikipedia.org/wiki/Space_colonization Pengertian Kolonisasi Luar Angkasa (Diakses pada 3 Maret 2019)
 BAB 2.2
Apa Manfaat Kolonisasi Luar Angkasa?
https://en.wikipedia.org/wiki/Space_colonization Manfaat kolonisasi luar angkasa (Diakses pada 4 Maret 2019)
BAB 2.3

Buku Ensiklopedia Antariska 

Lokasi apa sajakah yang menjadi Kandidat Kolonisasi Manusia?

Lokasi yang menjadi kandidat kolonisasi manusia, pengertian Bulan dan mengapa mengkolonisasi bulan sangatlah mudah dan rencana rencana mengkolonisasi Mars.

Buku Pintar Bumi dan Antariska

 

Pengertian Mars.


 BAB 2.4
Apa Masalah yang akan manusia hadapi ketika manusia mengkolonisasi suatu objek luar angkasa?
Pengertian masalah masalah yang akan manusia hadapi jika mau mengkolonisasi sebuah objek luar angkasa
BAB 2.5
Metode metode apa sajakah yang dapat manusia gunakan untuk memudahkan  mengkolonisasi planet Mars?
Pengertian Terraforming.
Cara cara Mengubah Mars menjadi mirip bumi (Terraforming Mars).








LAMPIRAN

Komentar

Postingan populer dari blog ini

membuat video di youtube